Header Ads

test

STKIP Muhammadiyah kalabahi siap melahirkan guru-guru profesional melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan Tahun Akademik 2023/2024

Pose Bersama Mahasiswa PPL seusai penutupan PPL T.A 2023/2024

STKIPMUHKALABAHI - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Muhammadiyah Kalabahi Tahun Akademik 2023/2024 memulai kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di 24 sekolah se-Kabupaten Alor. Kegiatan ini melibatkan 15 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 10 Dosen Supervisor, dan akan berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 21 September 2024 di ruang Aula STKIP Muhammadiyah kalabahi. (25/07/24)

Sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa mengikuti kegiatan pembekalan selama dua hari, mulai Rabu, 24 Juli hingga Kamis, 25 Juli 2024. Acara pembekalan dihadiri oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Kepala SPI, Kepala BAUK, Kepala LP3M, Kepala LPAIK, serta Kaprodi dan Sekprodi Pendidikan Matematika dan PGSD. Turut hadir pula dosen-dosen, pejabat struktural, dan pegawai STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Cara pembukaan PPL STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Bapak Marzuki Galeko, SE., M.Pd , menyampaikan bahwa kegiatan PPL ini sangat bermanfaat dan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa ketika turun mengajar di lapangan. Sekaligus membuka kegiatan PPL dengan resmi

"Melalui PPL, kita berharap mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi dan karakter yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional. Pengalaman di lapangan akan memberikan wawasan praktis yang tidak bisa didapatkan hanya dari teori di kelas," ujar Marzuki Galeko, SE., M.Pd

Pada hari kedua  diadakan kegiatan praktek mengajar yang dipantau langsung oleh Kaprodi Pendidikan Matematika, Nurdin Rahim, M.Pd, Sekretaris Pendidikan Matematika, Sudarto Lukman Lema, M.Pd, dan Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jusriadi, S.Pd.I., M.Pd.

Praktek Mengajar oleh salah satu peserta PPL STKIP  Muhammadiyah Kalabahi

Dalam pantauannya, Bapak Nurdin Rahim, M.Pd menyatakan, "Alhamdulillah, mahasiswa sudah baik dalam proses mengajarnya dan Kegiatan pembekalan berjalan dengan lancar aman dan tertib serta Semua materi yang di jadwalkan terlaksana dengan baik dari hari pertama hingga hari terakhir" pungkas ketua prodi pendidikan matematika

Pak Sudarto Lukman Lema menambahkan bahwa PPL merupakan tahapan yang harus dilalui setiap mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

 "Pembekalan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa. Antusiasme para peserta dalam mengikuti materi dan diakhiri dengan praktik mengajar merupakan langkah program studi untuk memastikan kesiapan peserta PPL, sehingga pada saat ke lapangan bisa dikatakan sudah ada persiapan 50%, kemudian 50% lagi nanti diarahkan oleh DPL dengan tetap berkoordinasi dengan pihak sekolah (guru pamong)," jelasnya.

Pak Jusriadi juga menyampaikan optimismenya, "Insya Allah, mahasiswa kami siap turun ke lapangan dan membuat yang terbaik." Pungkas Kaprodi PGSD STKIP Muhammadiyah kalabahi

 Kegiatan pembekalan berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Semua materi yang dijadwalkan terlaksana dengan baik dari hari pertama hingga hari terakhir. Mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan praktek mengajar di sekolah-sekolah mitra. Pembekalan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari teknik mengajar, pengelolaan kelas, hingga penilaian pembelajaran.

Selama periode PPL, mahasiswa akan ditempatkan di 24 sekolah di Kabupaten Alor, dengan bimbingan langsung dari dosen pembimbing dan supervisor. Mereka akan mengimplementasikan teori pendidikan yang telah dipelajari di kampus ke dalam praktek nyata di lapangan. Ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan mengajar dan menghadapi tantangan di dunia pendidikan sesungguhnya.

Dalam acara penutupan ketua STKIP Muhamamdiyah Kalabahi karena berhalangan hadir sehingga diganti oleh perwakilan dari Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) sekaligus menutup kegiatan dengan resmi adapun dalam sambutannya, Bapak Haji Ishak Djawa, S.Sos menyampaikan pesan yang inspiratif mengenai pentingnya menuntut ilmu sepanjang hayat.

Sambutan untuk menutup kegiatan PPL dengan resmi oleh ketua SPI

"Jika tuntutan ilmu belajar dari buaian hingga liang lahat, maka Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi berada di samping liang lahat dekat dengan kuburan Wetabua," ujar beliau, memberikan analogi mengenai kedekatan kampus dengan tempat peristirahatan terakhir, yang melambangkan keabadian ilmu.

Beliau juga menambahkan, "Jika menuntut ilmu sampai ke negeri Cina, maka STKIP Muhammadiyah Kalabahi juga berada di samping toko Cina, sehingga mau cari sekolah yang lengkap akan ilmu maka ke kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi saja." Pernyataan ini menggambarkan bahwa kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi berada di lokasi strategis dan menawarkan pendidikan yang lengkap dan berkualitas.

Kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi dalam mempersiapkan diri menjadi guru yang profesional dan berdedikasi. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing dan supervisor, serta dukungan dari sekolah-sekolah mitra, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kompetensi dan karakter yang diperlukan untuk menjadi pendidik yang handal.

"kami akan selalu menjaga al-mamater kita dimanapun kita berada demi mengharumkan nama STKIP Muhammadiyah Kalabahi dan mohon doanya agar kita semua pergi dengan selamat dan kembalipun juga dengan selamat" Harap Ningsi Sailana salah satu peserta PPL

Selamat bertugas mahasiswa PPL STKIP Muhammadiyah Kalabahi dan tetap selalu menjaga Al-mamater kita tercinta.

 Penulis: Mukmin Amsidi

Tidak ada komentar