Header Ads

test

STKIP Muhammadiyah Kalabahi Resmi Buka Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi

STKIPMUHKALABAHI – Di bulan Agustus 2024 yang penuh berkah, STKIP Muhammadiyah Kalabahi merayakan pencapaian penting dengan resmi membuka Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Program Sarjana (S-1). Pengumuman ini dikuatkan dengan diterbitkannya Surat Keputusan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia  Nomor: 461/E/O/2024  tentang  izin pembukaan Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kalabahi di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diselenggarakan oleh persyarikatan Muhammadiyah di Yogyakarta  (10/08/24).

Dengan adanya izin pembukaan prodi PKO, STKIP Muhammadiyah Kalabahi kini menawarkan tiga program studi unggulan:

  1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  2. Program Studi Pendidikan Matematika
  3. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)

Sebagai tambahan dari dua program studi sebelumnya, Program Studi PKO menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari dan mengembangkan keahlian di bidang kepelatihan olahraga.

STKIP Muhammadiyah Kalabahi dengan bangga mengumumkan bahwa kami siap menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) pada tahun akademik 2024/2025. Kami mengundang calon mahasiswa untuk bergabung dan menjadi bagian dari STKIP Muhammadiyah kalabahi

Dalam momentum penuh bahagia ini juga sepatah dua kata ucapan terima kasih juga disampaikan dari kepala BAAK STKIP Muhammadiyah Kalabahi juga Operator SIAGA STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang telah memberikan dorongan dan motivasi dalam pengajuan program studi PKO kepada seluruh teman-teman civitas.

“Kami menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pembukaan program studi ini. Penghargaan khusus diberikan kepada para pendiri STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang telah berperan penting dalam pendirian dan pengembangan kampus:

  1. Bapak Aksa Kiri
  2. Bapak M. Idris M. Boy
  3. Bapak H. Husen Tolang
  4. Bapak Marzuki Galeko

Terimakasih banyak kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah memfasilitasi pendirian prodi Baru PKO melalui Siaga Muhammadiyah dan Juga Kepada kepala LLDikti XV yang telah memberikan Rekomendasi Pendirian program studi tersebut, Kepada Kepala Bagian Kelembagaan LLDIKTI XV yang telah mendukung dalam pengajuan Prodi Baru melalui SIAGA STKIP Muhammadiyah Kalabahi serta para Tim Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) yang telah berusaha bersama dalam proses penyusunan Borang dan terimakasih banyak kepada Ketua, Sekretatis, Anggota Senat dalam memberikan rekomendasi dan juga kepada Ketua, Wakil Ketua, Pejabat Struktural, Dosen, Pegawai dan Staf yang telah memberikan dorongan dan motivasi dalam pengajuan Prodi PKO. Pungkas Bapak Yakin A. Asikin, S.Pd.I., M.Pd selaku kepala BAAK STKIP Muhammadiyah Kalabahi sekaligus Operator SIAGA STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Dalam suasana penuh syukur, Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi memohon kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses ini.

"Semoga Allah memberikan keberkahan kepada para Tim Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), kepada kita semuanya di AUM ini, dan keberkahan kepada persyarikatan Muhammadiyah serta seluruh masyarakat Kabupaten Alor”Ucap Bapak Marzuki Galeko, S.E., M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Kami juga mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang telah diberikan.

"Bismillah terima kasih atas doa dan dukungannya. STKIP Muhammadiyah Kalabahi tidak akan melupakan sejarah para pendirinya dan terus berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan serta mewujudkan visi misi kampus," tambah Beliau

Dengan adanya Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, STKIP Muhammadiyah Kalabahi semakin memperluas jangkauan akademiknya untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di bidang olahraga. Kami siap menyambut mahasiswa baru yang bersemangat untuk mengejar pendidikan tinggi dan berkontribusi dalam bidang kepelatihan olahraga. 

Bergabunglah dengan kami dan jadilah bagian dari STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berdampak positif bagi masyarakat.

Ibu Khumaira, salah satu tim utama  prodi PKO, juga menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam.

"Kami sangat berterima kasih mulai dari proses pengajuan atau pengusulan program studi PKO pada tanggal 02 Januari 2024 sampai sekarang atas motivasi, dorongan, dan dukungan yang selalu diberikan kepada kami. Berkat dukungan tersebut, kami berusaha semaksimal mungkin, dan Alhamdulillah, perjuangan kami akhirnya terwujud juga," ungkap beliau

Keunggulan Program Studi PKO STKIP Muhammadiyah Kalabahi

Perkembangan Ilmu dan teknologi informasi berdampak dalam diberbagai bidang termaksud kebutuhan di bidang olahraga. Pada program studi pendidikan kepelatihan olahraga yang saat ini telah berdiri memiliki beberapa profil lulusan sebagai berikut : Prodi PKO universitas negeri Jakarta memiliki profil lulusan professional bidang kepelatihan olahraga, pendidikan jasmani. Kemudian pada Prodi PKO universitas negeri medan memiliki profil lulusan sebagai peneliti bidang olahraga, tenaga pendidik. Prodi PKO universitas pendidikan ganesha memiliki profil lulusan dibidang pelatih olahraga prestasi, peneliti olahraga prestasi dan manager olahraga prestasi.

Berdasarkan profil lulusan yang telah dimiliki oleh ketiga prodi diatas maka program studi PKO STKIP Muhammadiyah Kalabahi memiliki keunggulan pada profil lulusan untuk menciptakan SDM yang professional bidang industri olahraga dan pengembang Olahraga tradisional profesional. Keunggulan profil lulusan Prodi PKO STKIP Muhammadiyah Kalabahi juga didukung dengan kebutuhan masyarakat kabupaten alor, tertuang dalam capaian pembelajaran dan kurikulum PKO SKIP Muhammadiyah Kalabahi.

Konsentrasi utama yang diusung dan menjadi urgensi program studi PKO STKIP Muhammadiyah Kalabahi berdasarkan letak wilayah di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara, dengan wilayah kepulauan yang memiliki 19 kecamatan, sehingga kaya akan budaya begitupun dengan olahraga tradisionalnya. Sehingga program studi pendidikan kepelatihan olahraga (PKO) ini akan menjadi program studi pertama di provinsi nusa tengara timur yang tentunya bergerak pada bidang olahraga mengambil peran dalam pengembangan keilmuan yaitu mengolahragakan & menyehatkan masyarakat melalui budaya dengan media yaitu olahraga tradisional, serta lulusan juga mampu bersaing di kopetensi nasional bahkan internasional melalui kurikulum. Pada keilmuan olahraga industri, sport event organizer adalah salah satu matakuliah yang jarang didapatkan pada program studi olaharaga lainnya, sport event organizer berorientasi pada pembentukan skill dalam mendesain event olahraga level daerah sampai level intenasional sehingga mahasiswa juga mampu bersaing dibidang industri olahraga.

Selamat datang di STKIP Muhammadiyah Kalabahi – Tempat di mana pendidikan berkualitas dan raih impian mu di STKIP Muhammadiyah Kalabahi

SK PRODI PKO


Penulis: Mukmin Amsidi

  

Tidak ada komentar