Header Ads

test

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS DAN DAARUL ARQAM DASAR

Abdullah Rahman Saleh,SS.,M.Pd
Proses pendidikan dan pengajaran adalah suatu kebutuhan bagi kehidupan ummat manusia. Sebagai bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa di Republik ini. Oleh karenanya pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia pada setiap level, baik pendidikan di tingkat dasar, menengah dan juga pendidikan tinggi, termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Semua proses pendidikan dan pengajaran yang dilakukan pada setiap level diatas menghendaki akan terlahir dari rahim lembaga-lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta itu adalah generasi-generasi yang unggul dan maju pada zamannya kelak. Oleh karena itu STKIP Muhammadiyah Kalabahi pada TA. 2020/2021 ini merancang untuk Menyiapkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Berkemajuan ingin menjadikan itu sebagai tema besar dalam kegiatan PKK tahun 2020 ini. 

Adapun nama Kegiatan ini adalah “PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS yang disingkat (PKK) dan Daarul Arqam Dasar yang disingkat (DAD). Sedangkan Tema Kegiatan PKK Tahun Akademik 2020/2021 ini adalah “MENYIAPKAN GENERASI UNGGUL MENUJU INDONESIA BERKEMAJUAN”. Bentuk kegiatan ini diadakan dua jenis, yakni : PERTAMA : Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) yang berlangsung selama tiga hari dengan menghadirkan materi dan Narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing (sebagaimana telah terjadwal), baik Narasumber dari dalam kampus STKIP maupun Narasumber dari luar kampus dan unsur persyarikatan Muhammadiyah. KEDUA: Darul Arqam Dasar (DAD) yang merupakan implementasi dari dharma ke empat Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), yakni Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang secara tehnis operasionalnya dilaksanakan oleh Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus, yakni para Senior Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Alor yang dipimpin oleh Ananda Bambang S. Golu dengan Fais Master kali ini adalah Sdr. Mukmin Amsidi, S.Pd. 

Tujuan dilaksanakannya PKK dan DAD ini adalah : 1. Untuk memberikan pemahaman kepada calon mahasiswa baru tentang kehidupan di lingkungan perguruan tinggi yang jauh berbeda dengan kehidupan di SD, SMP dan SMA. 2. Untuk mengenalkan kepada calon mahasiswa baru STKIP Muhammadiyah Kalabahi khususnya, bagaimana menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, tekun dan saling menghargai serta menghormati demi tetap menjaga etika dan sopan santun dalam dunia kampus. 3. Untuk mempererat hubungan komunikasi, ukhuwwah dan persaudaraan antara calon mahasiswa baru dengan teman kuliahnya, kakak-kaka senior, para pengelola kampus, Dosen dan juga pimpinan Kampus serta pimpinan persyarikatan Muhammadiyah. 4. Untuk mengenalkan tradisi Muhammadiyah dalam mendidik, mengajarkan nilai-nilai agama, nilai-nilai kearifan lokal dan mempraktekkan amar ma’ruf nahi mungkar dalam kehidupan nyata di perguruan tinggi Muhammadiyah dan di tengah-tengah Masyarakat. 

Waktu pelaksanaannya adalah tanggal, 05-10 Muharram 1442 H bertepatan dengan tangga, 24-29 Agustus 2020 dan bertempat di AULA MTs.N 01 Alor (hari pertama pembukaan dan materi satu hari) dan dilanjutkan di Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi pada hari kedua sampai selesai. Penyelenggara kegiatan PKK ini adalah Para Dosen, Staf dan Karyawan serta Para Mahasiswa Senior di lingkungan STKIP Muhammadiyah Kalabahi yang ditetapkan dengan SK Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi Tahun 2020. 

Narasumber/Pemateri pada kegiatan PKK Tahun Akademik 2020/2021 ini adalah dari kalangan Internal Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi, diantaranya; Ketua STKIP (Bpk. Aksa Kiri, S.E., M.Pd), Kepala BAUK (Bpk. Marzuki Galeko, S.E., M.Pd.), Kepala BAAK (Bpk. Yakin A. Asikin, S.Pd.I, M.Pd.), Kepala LP3M (Bpk. Muhammad Abdullah, S.Sos., M.Pd.), Kepala unit usaha dan bisnis STKIP (Ibu Fadhillah A.H. Likur, M.Pd.) dan Ketua Program Studi Matematika (Ibu Istiqamah, M.Pd) serta Ketua Program Studi PGSD (Bpk. Rahmad Nasir, M.Pd.). Sedangkan Narasumber dari kalangan eksternal adalah Dandim 1622 Alor dan Kapolres Alor. Adapun narasumber dari unsur persyarikatan Muhammadiyah adalah Ayahanda Ketua PDM yang kami mohon dengan hormat kesediaannya untuk menyampaikan arahan-arahannya nanti dan juga Ketua Majelis Dikdasmen PDM Alor (Ayahanda Drs. Bajher Kamahi, M.Pd). 

Peserta pada kegiatan PKK Tahun 2020 ini adalah calon Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi sebanyak 30 orang, terdiri dari Prodi Matematika 3 orang dan PGSD 27 orang. Seluruh Biaya pada kegiatan PKK tahun akademik 2020/2021 ini bersumber dari STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Sebagai penutup kami memohon kesediaan kepada Bapak Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan PKK dan DAD ini dengan resmi. Seluruh rangkaian kegiatan PKK dan DAD berjalan sesuai dengan agenda yang terjadwal. Walaupun sedikit mengalami kendala dan miss kommunikasi antara panitia pelaksana, namun hal tersebut tidak menjadikan alasan untuk terus bersemangat melaksanakan semua tugas dengan baik. Demikian laporan Panitia PKK Tahun Akademik 2020/2021 pada kesempatan ini kami sampaikan, semoga Allaah SWT memudahkan segala urusan kita semua, aamiin.

Tidak ada komentar